NPM : 21214826
Kelas : 1EB30
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi massa melalui
berbagai media massa yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan bisnis, organisasi
non profit dan individu-individu yang
teridentifikasi dalam pesan periklanan dengan maksud memberi informasi atau mempengaruhi pemirsa dan golongan
tertentu bentuknya dapat
berupa tulisan, gambar, film, ataupun gabungan dari keseluruhan unsur tersebut.
Urat nadi kehidupan televisi (swasta) terletak pada iklan. Tanpa iklan, mustahil sebuah televisi mempertahankan eksistensinya. Bagi produsen iklan bukan hanya menjadi alat promosi
barang maupun jasa, melainkan juga untuk menanamkan
citra kepada konsumen maupun calon konsumen tentang produk yang ditawarkan. Iklan seringkali menggiring khalayak untuk percaya pada produk, sehingga mendorong calon konsumen untuk mengkonsumsi maupunmempertahankan loyalitas konsumen.
1.2 Rumusan masalah:
1.2.1 Apa yang
dimaksud dengan iklan?
1.2.2 Apa saja
syarat-syarat iklan?
1.2.3 Apa saja
jenis-jenis iklan?
1.2.4 Apa tujuan
iklan?
1.2.5 Apa fungsi
dan manfaat iklan?
1.3 Tujuan penulisan:
Tujuan
penulisan dalam tulisan ini adalah :
1.3.1Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar
bisnis yang bermuatan softskill
1.3.2 Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa
mengenai materi tentang iklan
1.4 Manfaat penulisan:
Manfaat
penulisan dalam tulisan ini adalah :
1.4.1 Agar mahasiswa mengenal dan memahami tentang
iklan
1.4.2 Agar
wawasan mahasiswa tentang iklan bertambah
1.5 Metode penulisan:
Untuk mempermudah dan membantu kelancaran penulisan yang
dilaksanakan, maka penulis menggunakan metode kepustakaan, yakni:
1.51Penulis
mencari sumber untuk tulisannya melalui situs-situs internet.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian iklan
Berita pesanan untuk mendorong, membujuk
khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yg
ditawarkan,pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang dan jasa yang dijual,
dipasang dimedia massa seperti koran dan majalah, atau di tempat-tempat umum.
2.2.
Syarat-syarat iklan:
Ø Bahasa Iklan.
Bahasa Iklan mnggunakan Pilihan kata yang tepat, sopan
dan logis, demi menarik minat bagi komsumen. Ungkapan majas yang digunakan
untuk memikat dan sugestif, disusun secara singkatan menonjolkan bagian –
bagian yang di pentingkan.
Ø Isi Iklan.
Isi dalam sebuah
iklan harus objektif, jujur, singkat, jelas, dan tidak menyinggung golongan
tertentu atau produsen lain. Iklan yang dibuat juga mengutamakan iklan yang
menarik perhatian banyak orang.
2.3
Jenis-jenis iklan
-
Iklan
menurut bentuknya:
·
Iklan kolom atau iklan
biasa
·
Iklan
baris
·
Iklan kecil
/ singkat yang terdiri atas beberapa baris dalam surat kabar
-
Iklan
berdasarkan tujuannya:
·
Iklan
penawaran (barang/jasa)
·
Iklan
pencarian
·
Iklan
penjualan
·
Iklan
lowongan pekerjaan
2.4 Tujuan
iklan:
Ada dua sudut
pandang tujuan periklanan, yaitu sudut pandang perusahaan dan sudut pandang
konsumen. Dari sudut pandang perusahaan, menurut Robert V. Zacher, tujuan
periklanan diantaranya adalah :
·
Menyadarkan
komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
·
Menimbulkan
dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang
disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
·
Meyakinkan
komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya
menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang
dianjurkan.
Sedangkan
dari sudut pandang konsumen, iklan dipandang sebagai suatu media penyedia
informasi tentang kemampuan ,harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang
berkaitan dengan suatu produk.
2.5 Fungsi dan manfaat
iklan:
Fungsi & Manfaat iklan adalah
menginformasikan kepada Konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan
segala informasi yang berhubungan dengannya. Selain berfungsi untuk
menginformasikan suatu produk kepada para konsumen, promosi juga diperlukan
untuk keperluan dan tujuan lain yaitu :
·
Untuk
meningkatkan penjualan
·
Untuk
mengumumkan program penjualan khusus seperti diskon istimewa, bonus tambahan
atau undian berhadiah
·
Meluncurkan
tipe baru dari sebuah produk yang sebelumnya sudah ada dengan berbagai
perbaikan dan pengembangan.
·
Sebagai
pengingat agar konsumen tetap tahu bahwa produk kita masih bertahan dengan
kualitas yang bagus.
·
Menggapai
konsumen-konsumen baru
·
Meningkatkan
“Brand Image” atau membuat konsumen lebih percaya pada produk kita.
·
Mengundang keingintahuan konsumen akan produk yang kita jual.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menurut
saya, jika bahasa dan isi dari pesan tersebut sesuai dengan kebutuhan, iklan
tersebut mungkin akan bisa mempengaruhi pembaca yang membaca iklan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar