Senin, 29 Desember 2014

IKLAN

Nama : Aulia Pratiwi
NPM   : 21214826
Kelas  : 1EB30




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi massa melalui berbagai media massa yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan bisnis, organisasi non profit dan individu-individu  yang teridentifikasi dalam pesan periklanan dengan maksud memberi informasi atau mempengaruhi pemirsa dan golongan tertentu bentuknya dapat berupa tulisan, gambar, film, ataupun gabungan dari keseluruhan unsur tersebut. Urat nadi kehidupan televisi (swasta) terletak pada iklan. Tanpa iklan, mustahil  sebuah  televisi  mempertahankan eksistensinya.  Bagi  produsen  iklan bukan hanya menjadi alat promosi barang maupun jasa, melainkan juga untuk menanamkan citra kepada konsumen maupun calon konsumen tentang produk yang  ditawarkan.  Iklan seringkali  menggiring  khalayak  untuk  percaya  pada produk,  sehingga mendorong  calon  konsumen  untuk  mengkonsumsi  maupunmempertahankan loyalitas konsumen. 

1.2  Rumusan masalah:
1.2.1 Apa yang dimaksud dengan iklan?
1.2.2 Apa saja syarat-syarat iklan?
1.2.3 Apa saja jenis-jenis iklan?
1.2.4 Apa tujuan iklan?
1.2.5 Apa fungsi dan manfaat iklan?

1.3  Tujuan penulisan:
Tujuan penulisan dalam tulisan ini adalah :
1.3.1Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan softskill
1.3.2 Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai materi tentang iklan

1.4  Manfaat penulisan:
Manfaat penulisan dalam tulisan ini adalah :
1.4.1 Agar mahasiswa mengenal dan memahami tentang iklan
1.4.2 Agar wawasan mahasiswa tentang iklan bertambah

1.5  Metode penulisan:
Untuk mempermudah dan membantu kelancaran penulisan yang dilaksanakan, maka penulis menggunakan metode kepustakaan, yakni:
1.51Penulis mencari sumber untuk tulisannya melalui situs-situs internet.


BAB II
ISI

2.1 Pengertian iklan
Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yg ditawarkan,pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang dimedia massa seperti koran dan majalah, atau di tempat-tempat umum.

2.2. Syarat-syarat iklan:
Ø  Bahasa Iklan.
Bahasa Iklan mnggunakan Pilihan kata yang tepat, sopan dan logis, demi menarik minat bagi komsumen. Ungkapan majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif, disusun secara singkatan menonjolkan bagian – bagian yang di pentingkan.
Ø  Isi Iklan.
Isi dalam sebuah iklan harus objektif, jujur, singkat, jelas, dan tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain. Iklan yang dibuat juga mengutamakan iklan yang menarik perhatian banyak orang.


2.3 Jenis-jenis iklan
-       Iklan menurut bentuknya:
·         Iklan kolom atau iklan biasa
·         Iklan baris 
·         Iklan kecil / singkat yang terdiri atas beberapa baris dalam surat kabar

-       Iklan berdasarkan tujuannya:
·         Iklan penawaran (barang/jasa)
·         Iklan pencarian
·         Iklan penjualan
·         Iklan lowongan pekerjaan


2.4 Tujuan iklan:
Ada dua sudut pandang tujuan periklanan, yaitu sudut pandang perusahaan dan sudut pandang konsumen. Dari sudut pandang perusahaan, menurut Robert V. Zacher, tujuan periklanan diantaranya adalah :
·         Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
·         Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
·         Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.

Sedangkan dari sudut pandang konsumen, iklan dipandang sebagai suatu media penyedia informasi tentang kemampuan ,harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu produk.


2.5 Fungsi dan manfaat iklan:
Fungsi & Manfaat iklan adalah menginformasikan kepada Konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan segala informasi yang berhubungan dengannya. Selain berfungsi untuk menginformasikan suatu produk kepada para konsumen, promosi juga diperlukan untuk keperluan dan tujuan lain yaitu :
·         Untuk meningkatkan penjualan
·         Untuk mengumumkan program penjualan khusus seperti diskon istimewa, bonus tambahan atau undian berhadiah
·         Meluncurkan tipe baru dari sebuah produk yang sebelumnya sudah ada dengan berbagai perbaikan dan pengembangan.
·         Sebagai pengingat agar konsumen tetap tahu bahwa produk kita masih bertahan dengan kualitas yang bagus.
·         Menggapai konsumen-konsumen baru
·         Meningkatkan “Brand Image” atau membuat konsumen lebih percaya pada produk kita.
·         Mengundang keingintahuan konsumen akan produk yang kita jual.




 BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Menurut saya, jika bahasa dan isi dari pesan tersebut sesuai dengan kebutuhan, iklan tersebut mungkin akan bisa mempengaruhi pembaca yang membaca iklan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar